Dalam OpenOffice.org terdapat source code yang tersedia secara gratis. Source code yang gratis dapat dimanfaatkan siapa saja selama menuruti aturan legal yang ada di OpenOffice.org, jika mungkin suatu saat pengembang program dari OpenOffice.org sudah tidak ingin mengembangkannya lagi. Pengembangannya juga tidak perlu repot seperti Microsoft Office yang harus membayar lisensi untuk kesahihan sehingga user tidak perlu bergantung kepada perusahaan pengembang.
OpenOffice.org sangat compatible untuk penyimpanan dari dokumen lain seperti dokumen dari Microsoft Office, WordPerfect, Lotus dan AutoCad sehingga user dapat bekerja dalam berbagai format dokumen. Dokumen OpenOffice juga dapat diekspor ke format dokumen lain seperti PDF atau Flash tanpa memerlukan program tambahan. Sementara Microsoft Office memang memiliki fitur “Save As PDF”, namun sepertinya agak lebih lambat kemunculannya dibandingkan OpenOffice.org.
Selain itu OpenOffice juga bekerja di banyak platform system operasi seperti Linux, Windows, Macintosh, Unix, BSD, Solaris dan lain-lain sehingga user tidak perlu bingung jika suatu saat harus mengganti system operasi. Berbeda dengan Microsoft Office yang hanya bekerja pada platform Windows dan Macintosh, sehingga ketika harus berganti system operasi selain Windows dan Macintosh, user tidak bisa menjalankan Microsoft Office lagi.
Untuk masalah macro, dengan OpenOffice.org dapat membangun macro dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Javascript dan Phyton, selain OpenOffice.org Basic. OpenOffice.org juga mendukung database yang luas seperti ODBC, JDBC dan ada yang mirip dengan Microsoft Access. Tentunya, dukungan fitur OpenOffice.org akan terus bertambah hingga mungkin suatu saat akan menyamai posisi Microsoft Office.
Berikut perbedaan tentang Microsoft office dan Open office sebagai tambahan dan dari kesimpulan penjelasan diatas :
1. Open office diperoleh secara Gratis sedangkan ms. Office tidak.
2. Menu dan interface pada ms. Office berbeda peletakannya dengan open office.
3. Penggunaan Mail merge pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail merge ms.office.
4. Open office dapat membuka ms. Office, sedangkan ms. Office tidak.
5. Open office dapat menghasilkan file pdf, sedangkan ms. Office harus menggunakan plugin.
6. Open office memerlukan spek komputer yang lumayan tinggi, sedangkan ms. Office tidak
Berikut contoh perbandingan tampilan menu pada keduanya.
SETTING UP
Fungsi
|
Microsoft Word
|
Open Office Writer
|
Mengatur jendela Dokumen (ruler, status bar, toolbar, dll) | View → Pilih kebutuhan jendela dokumen | View → Pilih kebutuhan jendela dokumen |
Mengubah Toolbar | Tools → Costumize | View → Toolbar → Costumize |
Selalu membuat Backup Copy | Tools → Costumize → Options | Tools → Options → Load/Save → General |
Autosave setiap beberapa menit | Tools → Costumize → Options | Tools → Options → Load/Save → General |
Tampilkan tanda paragraf, tabulasi, dll | Tools → Options → View | Tools → Options → Open Office.org Writer → Formating Aids |
Mengatur Autocorrect dan Autoformat | Tools → Autocorrect | Tools → Autocorrect |
MENULIS, MENGEDIT DAN REVIEW
Fungsi
|
Microsoft Word
|
Open Office Writer
|
Pindah ke halaman tertentu secara cepat | Edit → Go To | Edit → Navigator |
Memilih Bahasa untuk cek pengejaan | Tools → Language → Set Languange | Tools → Options → Language Settings → Language (Open Office tidak memiliki pengecekan tata bahasa/gramar) |
Menemukan dan Mengubah teks, format dan bentuk | Edit → Replace | Edit → Find & Replace |
Mengamankan dokumen agar tidak bisa diedit | Tools → Protect Document | Edit → Changes → Protect Records |
Menggabungkan Dokumen | Tools → Merge Documents | Edit → Changes → Merge Document |
Mendapatkan Jumlah Kalimat | Tools → Word Count | Tools → Word Count |
MENGATUR LAYOUT HALAMAN
Fungsi
|
Microsoft Word
|
Open Office Writer
|
Menentukan margin | File → Page Setup → Margins | Format → Page → Page |
Mengedit Header dan Footer | View → Header and Footers | Insert → Header Insert → Footer |
Menggunakan kolom | Format → Page → Column atau Insert → Sections → Column | |
Menggunakan Tabel | Table → Insert → Table | Insert → Table |
Menambah nomor halaman | Insert → Page Number |
Insert → Field → Page Number
|
Mengubah nomor halaman pertama menjadi lebih dari 1 | Insert → Page Number → Format |
|